OFFICE APPLICATION

Open Office Writter
Openoffice.org writer merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang memiliki kemampuan hampir sama dan tentunya dengan fitur yang sedikit berbeda dengan Microsoft Word, seperti untuk membuat laporan, membuat label surat, membuat table pada dokumen, dan masih banyak lagi dukumen-dokumen lain yang bisa dibuat dengan menggunakan Openoffice.org writer.

Disamping itu Openoffice.org writer juga memiliki beberapa kelebihan antara lain :
1.     Software ini didistribusikan secara gratis;
2.     Memiliki modul penyimpanan yang beragam berbeda dengan Ms. Word yang hanya bisa menyimpan ke format document, html, rtf, serta yang sejenisnya. OpenOffice.org Writer dapat menyimpan file dokumen dengan beberapa file atau extension yang berbeda.
3.  Bisa membuka file dokumen dari microsoft word sedangkan microsoft word tidak mampu sebaliknya;
4.     Bagi yang suka bermain-main dengan warna bisa membuat pewarnaan background pada layar kerja anda dengan tool gallery.

Pengenalan Antarmuka
Sebelum memulai mengoperasikan Openoffice.org writer, sebaiknya Anda berkenalan dulu dengan beberapa istilah yang akan sering ditemukan pada aplikasi ini. Di antaranya adalah istilah Screen Layout (tampilan layar), Menu, dan Toolbar. Screen Layout, merupakan sebuah
tampilan yang ditunjukkan komputer saat mengoperasikan program ini. Untuk tampilan dalam Openoffice.org writer, dapat dilihat pada gambar di bawah ini:



Seperti yang dijelaskan sebelumnya, antarmuka dari OpenOffice.org Writer sangat mirip dengan aplikasi Word 2003. 

Berikut adalah penjelasan dari masing-masing bagian didalam aplikasi ini :
1.     Menu bar , menampilkan daftar perintah yang bisa digunakan berupa menu.
2.  Toolbar utama, menampilkan ikon-ikon yang merupakan perintah utama dan esensial dalam bekerja di OpenOffice.org Writer, seperti perintah New, Open, Save, Print, Undo, Paste, Copy, dsb.
3.  Toolbar formatting, menampilkan ikon-ikon serta pengaturan untuk melakukan format dokumen, seperti pengaturan fonta, jenis huruf, perataan teks, penomoran, dsb.
4.   Penggaris/ruler, merupakan alat bantu untuk mengukur panjang kertas, margin, serta jarak tabulasi. 
5.     Status bar, menampilkan status dalam bekerja.


Komentar